Senin, 03 Juni 2024

Entry 8 - Pendidikan Perspektif Islam

 Tanggal Pertemuan: 23 April 2024


Konsep Pendidikan Islam

- Pendidikan menurut KBBI berasal dari kata “didik” yang jika diberi imbuhan me- yang mempunyai maksud suatu perbuatan yang dilakukan, yang berarti mendidik

- Disiplin Ilmu yang memiliki peran pentiing dalam membentuk individu muslim dan bertujuan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan kehidupan di dunia modern. Secara sederhans, berarti pendidikan yang berdasarkan Islam.

Prinsip-Prinsip Pokok Pendidikan Islam:

- Prinsip pendidikan Islam merupakan kebenaran yang dijadikan pokok dasar dalam merumuskan dan melaksanakan pendidikan Islam. 

Beberapa Prinsip pokok pendidikan islam : 

-Tauhid. Tauhid adalah dasar keyakinan akan keesaan Allah. Prinsip tauhid merupakan prinsip pertama dan utama dalam pendidikan Islam. Tauhid juga merupakan dasar pendidikan yang menjadi acuan untuk menghasilkan teori dalam pendidikan, yang dapat dipelajari melalui ayat-ayat Al-Qur'an.

- Bertautan dengan Agama. Menurut Omar Muhammad Al Toumy Al Syaibani, prinsip ini menekankan bahwa pendidikan Islam harus sepenuhnya konsisten dengan ajaran dan nilai-nilai agama Islam. Ini berarti setiap aspek kurikulum, mulai dari materi pelajaran hingga metode pengajaran, harus sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

- Akhlak. Pendidikan akhlak merupakan pendidikan yang bertujuan untuk membentuk dan memperbaiki tingkah laku individu sesuai dengan norma dan tata susila. Prinsip-prinsip pendidikan akhlak dalam agama Islam harus dijelaskan dan diimplementasikan secara terpadu dan sesuai dengan al-qur’an dan hadist.

Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia (dalam sejarah):

- Awal abad ke-20 

- Masa Orde Baru 

- Masa Reformasi

Tiga Jalur Pendidikan di Indonesia:

1. Formal 

Lembaga pendidikan islam formal yang ada di Indonesia dibagi menjadi 3 jenjang, yaitu: 

- Pendidikan Dasar: TK Islam Terpadu, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah.

- Pendidikan Menengah: , Madrasah Aliyah, Boarding School. 

- Pendidikan Tinggi: Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi, Institut, Universitas.

2. Nonformal

Lembaga pendidikan islam yang termasuk jalur pendidikan nonformal yaitu: Lembaga Pelatihan, Majelis Taklim, Pesantren, Bimbingan Belajar. 

3. Informal 

Contoh pendidikan islam dalam bentuk informal adalah: Pembelajaran islam mandiri, Pembelajaran bersama keluarga, pengajian, Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA).

Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional:

a. Pendidikan Berbasis Adab dan Akhlak: menciptakan karakter yang berakhlak mulia seperti yang diajarkan dalam islam yaitu kejujuran, kesabaran, kasih sayang, lemah lembut, keadilan, kesopanan, dll.

b. Pendidikan Berlandaskan Nilai Islam: Dalam pembaruan sistem pendidikan nasional, nilai-nilai islam diterapkan sebagai dasar dalam pengembangan kurikulum dan juga beberapa mata pelajaran yang mengkhususkan terkait pandangan dari segi islam.

c. Peningkatan Motivasi Keagamaan: Tantangan yang perlu dihadapi oleh perkembangan sistem pendidikan saat ini adalah pengintegrasian mengenai tingkat motivasi dan kesadaran siswa perihal keagamaan.

0 komentar:

Posting Komentar